Prodi PIAUD Ikuti Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM

Prodi PIAUD : Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman Kepri mengikuti kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditaja oleh Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STAIN Sultan Abdurrahman Kepuluan Riau di Hotel CK Tanjungpinang tanggal 25-27 November 2022.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi program unggulan dari kebijakan merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia telah membuka mindset lingkungan perguruan tinggi dengan tujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi :

Perubahan kurikulum ini Mengacu pada peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kemudian kurikulum KKNI ini dijabarkan dalam capaian pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-PT). Seiring dengan kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan zaman, maka menteri Kementrian Pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2020 mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka yang dikenal dengan Kurikulum berbasis MB-KM.  

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka menjadi salah satu fungsi strategis dalam menghadapi peluang, tantangan dan tuntutan yang dihadapi perguruan tinggi termasuk Program Studi PIAUD. Program studi didorong agar dapat mengembangkan pembelajaran yang otonom, inovatif, produktif, adaptif, dan relevan dengan dinamika sosial, kemajuan IPTEKS, dunia industri dan dunia kerja. 

Penyusunan Dokumen Kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman Kepri ini merupakan komitmen Prodi PIAUD untuk menyediakan dan memfasilitasi kelengkapan perangkat kegiatan pembelajaran bagi Dosen untuk mengimplementasikan kebijakan MBKM. Kurikulum MBKM ini dikembangkan untuk menindaklanjuti rumusan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang telah dirumuskan sebelumnya, kemudian mensinkronkan dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran MBKM.

Program MKBM yang bertujuan untuk mendapatkan kompetensi tambahan harus diselaraskan dengan CPL program studi dan kesetaraannya dengan mata kuliah yang tersedia atau kompetensi baru yang dapat diperoleh. Rumusan CPL dan CPMK yang sudah ada dapat digunakan, beberapa mungkin perlu dilengkapi dan disesuaikan dengan kegiatan MBKM, tetapi secara substansi tidak berbeda (Panduan Penyusunan KPT Dikti, 38-39).

Kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini diikuti oleh 11 Program Studi dengan masing-masing Prodi mengutus 3 orang dosen hombase kemudian juga dihadiri oleh Pimpinan kampus, Ketua STAIN Kepri Bapak Dr. Muhammad Faisal, M.Ag, Wakil Ketua 1 Bapak Aris Bintania, M.Ag, Wakil Ketua 2 Bapak Dr. Al-Mahfuz, M.Si dan juga Kabag AUAK Bapak H. Imam Subekti, M.Pd.I.

P2M STAIN Kepri menghadirkan dua orang Narasumber yang kompeten dari Best-Q Institut yaitu Bapak Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I dan Bapak Dr. Fajri Ismail, M.Pd yang diharapkan bisa membimbing Program Studi untuk menyusun Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Perwakilan yang mengikuti kegiatan ini dari Prodi PIAUD adalah Plt. Ketua Prodi Ibu Nadya Nela Rosa, M.Psi, Sekretaris Prodi Bapak Mhd. Abror, M.Ag dan Plt. Kepala Labor Ibu Lina Eka Retnaningsih, M.Pd. Abror.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *