Perdana, Prodi PIAUD Laksanakan Ujian Komprehensif Mahasiswa

Perdana, Prodi PIAUD Laksanakan Ujian Komprehensif Mahasiswa

Prodi Piaud : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini melaksanakan kegiatan ujian komprehensif untuk mahasiswa semester VIII di ruang Internasional STAIN Kepri pada hari senin, 19 Juni 2023.

Ujian komprehensif merupakan ujian yang dilaksanakan dalam rangka mengukur kemampuan dan penguasaan mahasiswa berdasarkan masing-masing bidang keilmuan yang sedang ditempuh. Hal ini dilakukan agar dapat menilai kemampuan mahasiswa. Selain itu, juga sebagai syarat dalam rangka mengikuti ujian skripsi.

Ujian Komprehensif ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Prodi PIAUD STAIN Kepri untuk mahasiswa yang juga angkatan pertama tahun 2019. Jumlah mahasiswa yang mengikuti ujian ini sebanyak 14 orang, terdiri dari 1 orang laki-laki dan 13 orang perempuan yang dilaksanakan dalam bentuk tulisan dan juga lisan.

Ada tiga materi yang diujikan kepada mahasiswa, yaitu ;

  1. Pengetahuan Keislaman : Baca Tulis Al-Qur`an & Hafalan Juz 30, silahkan mahasiswa memilih dari tiga pilihan di bawah ini :
    a) Juz 30
    b) QS. Adhuha-Annas + 20 Doa Pendek Harian
    c) QS. Adhuha-Annas + 10 Hadis Tarbawi
  2. Pengetahuan Umum tentang Pendidikan : Mahasiswa diminta untuk menjelaskan pengetahuan umum seputar pendidikan, baik peraturan ataupun teori-teori.
  3. Pengetahuan Khusus tentang PIAUD : Mahasiswa diminta untuk menjelaskan tentang pengetahuan yang berhubungan dengan keilmuan prodi PIAUD yang telash dipelajari selama lebih kurang 7 semester.

Narasumber sebagai penguji dalam ujian komprehensif ini ada dua orang, yaitu Ketua Prodi PIAUD Nadya Nela Rosa, M.Ps.I sebagai penguji Pengetahuan Umum dan juga Khusus PIAUD bersama dengan Kepala Labor Lina Eka Retnaningsih, M,Pd. Kemudian Sekretaris Prodi PIAUD, Mhd. Abror, M.Ag sebagai penguji Pengetahuan Keislaman.

Setelah melaksanakan Ujian Komprehensif ini, mahasiswa yang lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai syarat nantinya untuk mendaftar sidang skripsi. Selain itu, Ujian Komprehensif ini juga merupakan salah satu ujian yang wajib dilalui oleh mahasiswa Prodi PIAUD sebelum melaksanakan Ujian Akhir atapun Sidang Skripsi. (Abror)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *